Startup SaaS kuliner Runchise mengumumkan pendanaan putaran pertama

Startup SaaS kuliner Runchise mengumumkan pendanaan putaran pertama

Pengembang startup layanan SaaS untuk bisnis kuliner Runchise telah mengumumkan pendanaan tahap awal dengan nilai yang tidak diungkapkan. Putaran investasi ini dipimpin oleh East Ventures, diikuti sejumlah investor antara lain Genesia Ventures, Arise MDI Ventures, Init-6, Prasetya Dwidharma, Alto Partners dan sejumlah angel investor.

Ini bukan kali pertama SaaS hadir khusus untuk industri kuliner, sebelumnya ada Esensi Solusi Buana (ESB) yang juga fokus di bidang ini. Bahkan startup yang didukung oleh Alpha JWC dan sejumlah investor ini telah membukukan pendanaan Seri B senilai US$29 juta atau sekitar Rp420 miliar pada tahun ini.

Runchise sendiri bergabung tahun ini, didirikan oleh Daniel Witono, yang sebelumnya dikenal sebagai pendiri Jurnal (diakuisisi oleh Mekari). Dalam wawancara dengan DailySocial.id pada Juni 2022, ia mengatakan bahwa Runchise dibangun sebagai “solusi manajemen outlet”.

“Perkembangan bisnis kuliner dipengaruhi oleh manajemen atau sistem manajemen yang baik. Kami percaya bahwa dengan menggunakan teknologi, para wirausahawan dapat meningkatkan keuntungan mereka dan meningkatkan kinerja bisnis mereka. Runchise hadir untuk menjadi solusi bagi para pemilik bisnis kuliner, menawarkan bisnis kuliner solusi satu atap dalam satu platform untuk memenuhi kebutuhan seluruh operasional bisnis kuliner,” kata Daniel dalam siaran pers resminya.

Daniel juga mengatakan salah satu segmen pasar utama Runchise adalah bisnis waralaba. Masalah pengembangan waralaba masih menjadi tantangan yang sering dirasakan oleh pemilik merek F&B. Dimulai dengan kurangnya transparansi franchisee dan diakhiri dengan penggunaan bahan baku yang tidak sesuai.
layanan runchi

Ada tiga layanan utama yang ditawarkan Runchise. Yang pertama adalah manajemen rantai pasokan, yang berperan untuk memfasilitasi pengoperasian restoran multi-cabang, mulai dari mengelola dan mencari persediaan, bahan baku hingga pengaturan fleksibel untuk mengakses data perusahaan. Kedua, adanya point of sale yang memudahkan proses transaksi dengan pelanggan. Dan ketiga, pemesanan online untuk memudahkan pemilik toko berintegrasi dengan layanan pengiriman sembako.

Runchise akan memberikan pendanaan dari investor untuk menambah bakat dan memperkuat tim, mengembangkan produk dan inisiatif pemasaran. “Melalui investasi dan kerjasama dengan investor, kami akan terus berinovasi menggunakan teknologi untuk meningkatkan kinerja bisnis F&B dan menjadi partner teknologi terpercaya di industri ini,” ujar Daniel.

Sumber :