Jenis Layanan Hosting Populer yang Perlu Anda Ketahui

Jenis Layanan Hosting Populer yang Harus Anda Ketahui

Layanan Hosting

Jenis layanan hosting saat ini sudah sangat beragam karena banyak perusahaan atau bisnis yang sudah menggunakan website. Ya, hosting dan website adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan.

Mengapa hosting dan website tidak bisa dipisahkan? Karena hosting adalah tempat penyimpanan semua file dan data website sehingga orang bisa mengaksesnya melalui internet. File atau data website dapat disimpan dalam bentuk foto, video, script, email, aplikasi atau database.

Jadi ketika membangun website, Anda juga perlu menyewa jenis layanan hosting yang sesuai dengan kebutuhan website Anda. Sebelum kita menentukan jenis hosting yang tepat, mari kita lihat dulu kegunaan dan jenis hosting di bawah ini.

Kegunaan dan Manfaat Hosting

Tidak banyak yang tahu bahwa hosting memiliki beragam kegunaan dan manfaat yang sangat penting bagi sebuah website. Agar tidak bingung, berikut tiga kegunaan dan manfaat hosting yang perlu Anda ketahui:

1. Menyimpan data situs web

Penggunaan hosting yang pertama tentunya untuk menyimpan semua data website. Anda dapat mengelola data ini, kemudian dapat muncul di halaman situs web. Sebagai informasi tambahan, semakin besar situs web yang ingin Anda bangun, semakin besar pula kapasitas hostingnya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tidak sembarangan memilih jenis layanan hosting.

2. Tingkatkan kinerja situs web

Tidak semua jenis layanan hosting dapat meningkatkan performa website. Biasanya, hosting berkualitas baik dengan fitur hebat cukup efektif untuk menjaga situs web tetap stabil daripada lambat.

Contoh hosting berkualitas tinggi adalah penggunaan pusat data Tier 4 standar dengan fungsi lanjutan seperti beberapa hulu, saluran khusus, dan pemadaman listrik. Dengan fungsi tersebut, kemungkinan gangguan website sangat rendah, sehingga website tetap stabil.

3. Melindungi website dari serangan hacker

Penggunaan hosting, yang tidak kalah pentingnya, adalah perlindungan utama keamanan website Anda. Misalnya, jika hosting yang Anda gunakan tidak berkualitas tinggi, peretas dapat dengan mudah membobol sistem dan mengambil alih situs web Anda.

Bila ini terjadi, kondisi ini tentu sangat berbahaya. Peretas akan menyalahgunakan semua data yang disimpan untuk keuntungan pribadi. Untuk menghindarinya, Anda harus selektif dalam memilih layanan hosting yang tepat.

Jenis hosting populer

Sebelum memilih jenis layanan hosting apa yang tepat dan apa yang dibutuhkan website, ada baiknya Anda mengetahui jenis hosting yang paling populer. Jenis hosting populer ini sering ditawarkan oleh penyedia hosting berkualitas tinggi. Apa pun? Berikut adalah tiga jenis hosting yang perlu Anda ketahui:

1. Hosting bersama

Pertama, ada shared hosting. Ini adalah jenis hosting di mana server biasanya digunakan bersama oleh banyak pengguna. Pengguna berbagi fitur hosting seperti kecepatan, ruang penyimpanan, dan lainnya. Sayangnya, jenis hosting ini memiliki keterbatasan dalam penyimpanan file dan fasilitas server. Bahkan jika satu pengguna menggunakan fasilitas secara berlebihan, pengguna lain akan merasakan efeknya.

2. Hosting VPS

VPS adalah singkatan dari Virtual Private Server. Ini adalah jenis hosting pribadi, yang berarti hanya satu pengguna yang akan menggunakannya. Hosting VPS memberikan kebebasan kepada penggunanya untuk mengelola dan mengelola sumber daya yang tersedia. Namun, jika Anda tidak memiliki keterampilan atau pemahaman tentang aspek teknis manajemen server, itu menjadi sangat sulit.

3. Hosting awan

Cloud hosting juga merupakan jenis layanan hosting yang populer. Jenis ini memiliki sumber daya seperti VPS hosting, tetapi lebih mudah digunakan daripada shared hosting. Ini berarti Anda tidak perlu memiliki keterampilan atau pemahaman tentang aspek teknis dalam mengelola server. Dengan keunggulan tersebut, harga cloud hosting lebih mahal dibandingkan dengan jenis VPS atau shared hosting.

Sumber :