Developer Game Indonesia Ikuti Gamescom & Tokyo Game

Pengembang game Indonesia bergabung dengan Gamescom & Tokyo Game Show 2021

developer-game-indonesia

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerjasama dengan Asosiasi Game Indonesia (AGI) memfasilitasi sejumlah perusahaan game terpilih untuk mengikuti ajang internasional “Gamescom & Tokyo Game Show 2021” guna mendukung eksistensi pelaku industri game Indonesia di kancah internasional arena.

“Peserta yang dipilih cukup beragam dan semuanya memiliki kualitas yang baik. Mereka memiliki keunggulan komponen penilaian dan memiliki nilai jual. Selanjutnya, kami akan membekali mereka agar bisa tampil maksimal di Gamescom dan Tokyo Game Show 2021,” kata Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Nia Niscaya, dalam keterangannya, di Jakarta, Jumat.

Gamescom merupakan pameran dagang dan pameran game terkemuka di dunia yang akan diselenggarakan pada Agustus 2021. Sementara itu, Tokyo Game Show merupakan pameran video game terkemuka di Asia yang akan diselenggarakan pada September – Oktober 2021.

Kedua acara ini akan diselenggarakan secara hybrid (online dan offline). Indonesia akan berpartisipasi secara online. Khusus untuk event Gamescom, Indonesia akan bekerjasama dengan Atase Perdagangan Berlin dan ITPC Hamburg.

Setelah melakukan proses kurasi dua tahap, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan AGI menunjuk sejumlah developer game untuk mewakili Indonesia di ajang tersebut, terdiri dari 30 delegasi untuk Gamescom 2021 dan 19 delegasi untuk Tokyo Game Show 2021.

Seluruh delegasi yang berada di bawah naungan program Archipelageek Goes to Gamescom & Tokyo Game Show 2021 tidak hanya berkesempatan mewakili Indonesia dan memamerkan produknya di booth virtual paviliun Indonesia, tetapi juga berkesempatan menjalin transaksi bisnis dengan pembeli asing.

“Kami berharap melalui acara ini para peserta dapat menunjukkan kualitas permainan Indonesia di mata masyarakat global,” harap Nia.

Keikutsertaan Indonesia dalam ajang bergengsi ini juga didasari oleh kontribusi positif subsektor game terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional tahun 2020.

Menurut data Outlook Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2020/2021, subsektor aplikasi dan game developer menyumbang Rp. 24,88 triliun terhadap PDB negara. Hal ini menunjukkan bahwa subsektor game Indonesia memiliki potensi besar untuk memasuki pasar global.

Chief Operating Officer (COO) Toge Productions yang juga bertindak sebagai perwakilan keahlian dari tim kurator, Jonathan M. Gunawan, mengatakan para peserta harus dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, untuk menampilkan potensi yang dimiliki. setiap delegasi.
Baca juga: Konami Tunjuk Neymar Sebagai Brand Ambassador PES 2021

“Dengan mengikuti event-event global seperti Gamescom dan Tokyo Game Show, para peserta dapat lebih terekspos ke pasar global yang jauh lebih besar dari sekedar pasar lokal Indonesia,” ujarnya.

“Selain itu, para peserta juga secara tidak langsung dituntut untuk meningkatkan kualitas produk (IP) dan layanan yang ditawarkan agar mampu bersaing di pasar global. Dari sisi industri, kami juga dapat mempromosikan industri lokal di mata global melalui acara ini, dan mengetahui bagaimana posisi kami (industri game Indonesia) dibandingkan dengan negara lain,” lanjutnya.

Indonesia telah mengikuti ajang Gamescom & Tokyo Game Show pada tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun 2020, Indonesia mengikuti ajang Gamescom dengan membawa 16 peserta. Selain itu, Indonesia juga mengikuti ajang Tokyo Game Show 2018 dengan membawa 7 peserta.

Berikut daftar peserta yang lolos kurasi untuk mewakili Indonesia di ajang Gamescom dan Tokyo Game Show (TGS) 2021:

Delegasi Indonesia di Gamescom 2021:
1. 4happy Studio
2. Batu Akik
3. Algorock
4. Arsannesia
5. Ayo Berkreasi
6. Studio Api Besar
7. Engram Interaktif
8. Hiburan Kehidupan Ekstra
9. Sanggar Gambir
10. Game Changer Studio
11. GOCpay
12. Permainan JEVO
13. Gametribe Joyseed
14. Studio Kawarna
15. Lyto
16. Kucing Melon
17. Hiburan Gerbang Keajaiban
18. Permainan Niji
19. Studio Pendopo
20. PT Megaxus Infotech
21. PT Melon Indonesia
22. Studio Rainman
23. Rolling Glory Jam
24. Satriver Studio
25. Game Seraph
26. SLAB
27. UNIQX Studio
28. Verdua
29. Wisageni Studio
30. Game Xelo

Delegasi Indonesia di Tokyo Game Show (TGS) 2021
1. 4happy Studio
2. Batu Akik
3. Algorock
4. Ayo Berkreasi
5. Studio Api Besar
6. Engram Interaktif
7. Hiburan Kehidupan Ekstra
8. Sanggar Gambir
9. Studio Game Changer
10. Gametribe Joyseed
11. Lyto
12. PT Megaxus Infotech
13. PT Melon Indonesia
14. Studio Rainman
15. Satriver Studio
16. Game Seraph
17. Verdua
18. Wisageni Studio
19. Permainan Xelo.

Sumber :