2 Cara Siaran Langsung di Tiktok dan Syaratnya Lengkap

kanreg12bkn.id – Awal mula TikTok hadir di Indonesia, kemunculannya memang menuai kecaman atau reaksi tak suka oleh masyarakat. Siapa kira semenjak pandemi covid-19, aplikasi ini sudah banyak diunduh dan digunakan, baik untuk pengunggahan video pendek sampai cara siaran langsung di TikTok.

Saat ini, TikTok sudah dianggap sebagai platform penyedia video pendek yang punya segudang manfaat, termasuk untuk kepentingan branding dan marketing. Semakin kesini, aplikasi distribusi konten ini semakin digandrungi oleh kalangan remaja, dewasa, bahkan ada juga anak-anak.

Bagaimana Cara Siaran Langsung di TikTok?

Bagaimana-Cara-Siaran-Langsung-di-TikTok

Layaknya fitur live yang ada di sosial media, baik Instagram maupun Facebook, di TikTok ternyata juga bisa lho melakukan live streaming untuk menyapa para follower. Hal ini tentu bisa menjadi keuntungan bagi beberapa pengguna untuk menyapa pengikut demi suatu tujuan tertentu.

Selama ini, yang banyak orang tahu adalah TikTok hanya dapat mengunggah video dengan durasi maksimal 1 menit. Durasi 1 menit ini bisa dianggap sangat kurang jika isi video yang ingin creator sampaikan sangat banyak, apalagi jika momentumnya tepat dan sangat berharga.

Namun, 1 menit adalah waktu yang optimal bagi pemirsa untuk dapat menghabiskan video dengan tuntas dan dengan konsentrasi sempurna. Hal ini tentu bisa membuat makna dari video konten tersebut terserap dengan maksimal dibanding dengan video konten yang punya durasi panjang.

Lalu, bagaimana cara siaran langsung di TikTok? Ternyata, tidak sembarang akun bisa melakukan siaran langsung di platform TikTok. Ada beberapa aturan sampai cara teknis yang perlu Anda penuhi agar bisa melakukan live streaming di TikTok. Berikut penjelasannya:

1. Cara Melakukan Siaran Langsung di TikTok

Akhirnya, kita sampai pada penjelasan seputar cara live streaming di TikTok masing-masing. Untuk langkah-langkahnya dapat Anda simak prosedurnya sebagaimana penjelasan di bawah ini :

  • Buka aplikasi TikTok dan login ke akun yang diinginkan
  • Pada bagian bawah tampilan TikTok ada 5 pilihan menu yang bisa Anda temukan. Pilihlah ikon Plus (+) yang ada di tengah-tengah dari kelima menu tersebut
  • Jika akun Anda telah memenuhi syarat atau izin penggunaan fitur live streaming, maka akan muncul opsi Liveyang ada di dekat tombol rekam. Tekan tombol Live untuk langkah awal memulai siaran langsung tersebut
  • Kemudian, buatlah judul dan caption yang paling menarik dan dapat mengundang minat pemirsa untuk mau menonton siaran langsung Anda
  • Setelah judul selesai dibuat dan Anda sudah 100% siap melakukan siaran, tekan tombol Go Live dan live streaming sudah bisa Anda mulai

2. Cara Menemukan Fitur Go Live pada TikTok

Bagaimana cara siaran langsung di TikTok terbilang sangat mudah dan tidak terlalu ribet, bukan? Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda hanya perlu menemukan fitur Go Live untuk melakukan siaran langsung.

Namun, ternyata ada juga beberapa pengguna yang tidak dapat menjumpai fitur Go Live di akun atau aplikasi TikTok mereka.

Disini, Anda akan segera tahu alasan atas pertanyaan diatas dan bagaimana sebaiknya langkah yang perlu dilakukan agar masalah ini bisa Anda pecahkan dengan segera. Simak beberapa poin penjelasan lengkapnya dilansir dari Brankas Pedia di bawah ini:

a. Fitur Go Live Masih di Tahap Pengujian

Fitur Go Live merupakan fitur baru di TikTok yang saat ini masih berada dalam tahap pengujian. Oleh karena alasan inilah, fitur Go Live belum dapat digunakan oleh seluruh pengguna TikTok, khususnya bagi pengguna yang masih memakai aplikasi TikTok versi lama.

Solusinya, cobalah untuk mulai meng-upgrade aplikasi TikTok menjadi versi terbaru dan temukan fitur Go Live setelahnya.

b. Masuk dalam Mode Perekaman Audio

Sudah ada fitur Go Live di TikTok tetapi tetap tidak bisa melakukan siaran langsung? Bisa jadi karena Anda sedang masuk dalam mode perekaman audio. Berlangsungnya proses perekaman audio pada ponsel Anda dapat menghilangkan fungsi Live pada TikTok.

Maka dari itu, Anda tak perlu memutar audio apapun dan mulai lakukan siaran langsung dengan fitur Go Live tersebut.

c. Jumlah Pengikut Belum Memenuhi Ketentuan

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, tidak munculnya tombol Go Live meski sudah melakukan pembaharuan aplikasi TikTok menjadi versi terbaru adalah karena jumlah pengikut Anda yang belum memenuhi syarat pemakaian fitur Go Live selanjutnya.

Pengguna bisa jadi harus menggendong 1000 pengikut terlebih dahulu baru dapat menikmati fitur Go Live ini. Jumlah ini bisa beragam sesuai ketentuan dari berbagai negara.

d. Penggunaan Kata-kata Terlarang

Adanya penggunaan kata-kata terlarang tidak hanya berdampak pada disensornya konten video Anda, melainkan juga dapat berdampak pada aktivitas live streaming di TikTok Anda. Contoh kata-kata terlarang tersebut meliputi follow, fan, bff, duet, drama ratu, donasi, dan lainnya.

Oleh karenanya, pilihlah kata-kata yang mengundang minat pemirsa dengan tetap menghindari penggunaan kata-kata terlarang lainnya. Solusi lainnya adalah Anda juga dapat menggunakan pilihan kata secara bergantian.

Syarat Melakukan Siaran Langsung

Syarat-Melakukan-Siaran-Langsung

Perlu Anda ketahui bahwa TikTok tidak dapat menyediakan fitur siaran langsung kepada semua penggunanya secara sembarangan. Apapun itu, tentu kebijakan ini telah dipikir matang-matang oleh Bytedance demi kebaikan pihaknya dan semua pengguna secara keseluruhan.

Berkaca pada platform media sosial Facebook, banyak penggunanya telah dilarang melakukan live streaming karena dianggap telah melanggar hak cipta dan ketentuan penggunaan platform ini. Jika sudah begini, maka siapa yang akan dirugikan?

Adanya kasus seperti diatas membuat alasan TikTok membatasi pengguna yang dapat melakukan siaran langsung menjadi masuk akal, bukan? Lantas, jenis pengguna seperti apa yang berhak mendapatkan ‘hak istimewa’ ini?

TikTok memilih pengguna yang telah berhasil meraih setidaknya 1000 pengikut atau lebih agar dapat menggunakan fitur cara siaran langsung di TikTok. Pengguna yang seperti ini mungkin dianggap lebih terpercaya dan kredibel oleh TikTok itu sendiri.

Namun, ketentuan ini tak bisa dianggap sama rata. Bisa jadi jumlah pengikut yang harus pengguna TikTok kumpulkan lebih atau kurang dari 1000 followers, tergantung negara tempat tinggal penggunanya.

Dampak Positif Aplikasi TikTok

Beberapa mungkin masih banyak yang memandang TikTok sebagai platform konten yang isinya hanya orang joget atau konten tidak jelas lainnya. Anggapan ini nampaknya masih tertanam pada beberapa orang semenjak TikTok pernah menjadi kontroversi besar pada beberapa tahun silam.

Manfaat TikTok bagi pengguna itu tergantung bagaimana penggunanya memanfaatkan platform TikTok ini dalam pencarian atau menyampaikan suatu konten. Dengan kata lain, tergantung pada tujuan Anda mau menggunakan aplikasi TikTok untuk apa.

Apakah untuk mencari hal positif atau negatif. Agar lebih membuka pikiran pembaca, khususnya bagi Anda yang masih menganggap TikTok hanya berisi konten ‘sampah’, sepertinya Anda sangat perlu membaca beberapa poin manfaat positif dari TikTok ini.

Jika Anda sudah pernah menggunakan aplikasi TikTok, pasti sudah paham betul jika TikTok tak ubahnya seperti platform penyedia video YouTube yang punya segudang konten positif dan edukatif dengan cara unik yang tetap bisa menghibur.

Beberapa manfaat positif yang bisa Anda dapatkan dari menggunakan aplikasi TikTok ini antara lain:

1. Mengasah Kreatifitas

Mengasah-Kreatifitas

Bagi content creator atau pembuat konten TikTok, sangat perlu untuk punya jiwa kreatif dalam menyusun konsep sampai dalam hal eksekusi konsep konten sebelum dipersembahkan kepada penonton atau follower mereka.

Melalui banyak riset dari beberapa creator lainnya, seorang pembuat karya akan mendapat ide mulai dari mengadopsi, memodifikasi, featuring (duet), reacting, sampai dengan membuat karya yang sama, tetapi dengan sudut pandang yang berbeda.

Ada pula beberapa creator yang banyak menyediakan konten original yang juga banyak ditiru oleh creator-creator lainnya. Intinya, semakin kreatif konten Anda, maka semakin punya nilai ‘berbeda’ dan berguna sehingga akan berpotensi banyak disukai dan ditonton oleh viewer.

2. Menambah Wawasan

Menambah-Wawasan

Biasanya, orang yang belum pernah menjamah TikTok belum mengerti bahwa ternyata di dalam aplikasi ini banyak sekali memiliki konten edukatif, original, raw, dan sangat penuh wawasan dengan cara yang tetap menghibur.

Cara agar akun TikTok Anda dipenuhi dengan konten yang ingin Anda saring adalah mengikuti akun penyedia konten edukatif pilihan Anda. Cara lainnya bisa dilakukan dengan sering-sering mencari kata kunci yang sesuai dengan jenis konten yang ingin Anda tonton.

Lama kelamaan, akun Anda hanya akan dipenuhi oleh topik konten yang Anda inginkan. Hal ini karena algoritma aplikasi TikTok telah bekerja dan menyesuaikan konten yang akan mereka berikan sesuai konten yang sering Anda ikuti dan lihat.

Simpelnya, jika tidak ingin melihat konten yang isinya orang joget-joget saja, Anda juga perlu mengurangi atau menghindari menonton jenis konten demikian. Maka secara otomatis, halaman fyp atau halaman utama Anda tidak akan lagi berisi konten-konten tersebut.

3. Mengekspresikan Diri

Mengekspresikan-Diri

Membuat konten juga merupakan bentuk dari mengekspresikan diri melalui ide atau hal yang ingin disampaikan lainnya. Anda dapat menyampaikan opini atas suatu isu yang sedang ramai diperbincangkan atau menyampaikan keluhan atraktif seputar dunia kerja atau perkuliahan.

Tak ada batasan dalam menyampaikan suatu ide atas dasar mengekspresikan apapun yang ada di pikiran Anda. Selagi masih bernapas dan bisa berpikir, seseorang memang perlu untuk mengekspresikan apapun yang mau dikeluarkan melalui berbagai cara.

Salah satunya bisa dengan membuat konten apapun bentuknya, termasuk konten video pendek di platform TikTok. Atau jika Anda berkenan dan niat melakukannya, mencari cara siaran langsung di TikTok juga bisa jadi pilihan.

4. Dapat Menghibur Diri

Dapat-Menghibur-Dir

Layaknya sosial media, YouTube atau jenis platform serupa aplikasi TikTok memang sering digunakan untuk menyediakan konten yang entertaining atau dapat menghibur diri sendiri melalui aktivitas scrolling yang seringnya tiada henti.

Untuk creator, mereka umumnya juga ingin membuat konten dengan maksud dapat menghibur orang lain melalui karyanya. Karena terkadang, dengan membuat orang lain senang, hati kita juga ikut senang.

Namun, perlu Anda garis bawahi dengan tebal bahwasanya sebagai pengguna, Anda perlu bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan waktu berharga yang Anda miliki. Terlalu lama tenggelam dalam aplikasi tanpa tujuan pasti akan membunuh produktivitas secara perlahan.

Bagi content creator, Anda juga perlu bertanggung jawab dalam hal menyediakan konten yang dapat membawa manfaat untuk seluruh pengguna. Bukan sekedar membuat konten yang asal bisa viral tanpa mempertimbangkan kualitas konten secara keseluruhan.

Dari sini, apakah Anda sudah tahu dampak dan bagaimana cara siaran langsung di TikTok? Jika sudah, gunakan aplikasi TikTok dengan bijaksana dan penuh rasa tanggung jawab. Hasilkan konten berkualitas yang mengedukasi dan menghibur banyak pihak.

 

Lihat Juga :