Arti Mutualan IG yang Viral Baru-Baru Ini, Milenial Wajib Tahu!

kanreg12bkn.id – Saat berkenalan dengan orang baru, mungkin Anda akan sering mendengar kata-kata mutualan IG. Namun sebenarnya apa sih arti mutualan IG itu? Kalimat ini sering kali dilontarkan oleh generasi Z dan juga generasi millenial saat ini.

Biasanya, kalimat ini akan lebih sering ditemukan di kalangan anak muda di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan sebagainya. Untuk Anda yang masih kebingungan dengan arti dari kalimat ini, yuk simak penjelasan artinya berikut ini!

Fenomena di Media Sosial

Fenomena-di-Media-Sosial

Media sosial menjadi salah satu hal yang sekarang wajib dimiliki oleh semua orang, terutama untuk anak muda atau remaja. Namun tak hanya anak-anak muda saja, orang tua bahkan anak-anak juga menolak untuk kalah eksis dalam menggunakan sosial media.

Di sosial media ini, sekarang banyak sekali fenomena bahasa gaul yang menjadi istilah-istilah yang sering dilontarkan dalam kehidupan sehari-hari. Anda yang kurang mendalami media sosial mungkin akan kebingungan dengan beberapa kata gaul yang muncul.

Salah satu media sosial yang paling banyak digunakan adalah Instagram dan juga Twitter. Kedua media sosial ini berhasil menjadi platform banyak orang untuk berinteraksi satu sama lain dengan teman atau keluarga.

Selain berkenalan, sekarang ini media sosial menjadi salah satu platform terbaik yang seringkali digunakan untuk berkenalan satu sama lain.

Karena arus globalisasi yang menyebabkan lebih mudahnya orang untuk terhubung satu sama lain, orang-orang menjadi tertarik untuk saling berkenalan dengan orang yang mereka temui di media sosial.

Nah, karena adanya fenomena ini lah kata-kata mutualan muncul. Mutualan ini menjadi salah satu istilah yang paling sering terdengar dalam proses perkenalan orang di media sosial.

Namun tidak hanya di dalam media sosial saja, karena saking seringnya digunakan oleh banyak orang, kata ini sekarang juga sering kali digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Arti Mutualan IG Secara Harfiah

Arti-Mutualan-IG-Secara-Harfiah

Jika ingin mengetahui arti mutualan IG, kita fokuskan dulu yuk pembahasan ke kata mutualan yang banyak membingungkan orang-orang. Kata mutualan ini diambil dari kata “mutual” dalam bahasa Inggris yang berarti saling, satu sama lain, atau juga bersama.

Dari arti kata ini, Anda mungkin sudah bisa nih menyimpulan sebenarnya apa arti kata mutualan. Mutualan berarti sama-sama memfollow satu sama lain di media sosial. Jadi berarti arti mutualan IG adalah sama-sama saling follow di Instagram.

Follow ini menjadi salah satu cara agar orang berteman dengan satu sama lain. Selain di IG, arti kata mutualan juga berlaku di media sosial lain seperti Twitter, Snapchat, dan banyak media sosial lainnya.

Tips Mencari Mutualan di Instagram

Anda ingin memperluas jaringan pertemanan Anda, namun merupakan seorang yang pemalu? Mencari teman atau mutualan di media sosial bisa menjadi salah satu jalan terbaik yang bisa Anda pilih.

Saat ini, mutualan di media sosial sudah menjadi salah satu cara berteman yang paling banyak dilakukan oleh anak muda jaman sekarang. Berteman di media sosial banyak diminati oleh banyak orang karena dinilai lebih fleksibel dan juga tidak menuntut.

Namun tidak semua orang tahu bagaimana cara untuk memulai pertemanan di media sosial, terutama Instagram.

Untuk Anda yang saat ini sedang ingin untuk berkenalan dengan orang-orang baru, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika berkenalan di Instagram. Berikut ini adalah beberapa tipsnya:

1. Lengkapi Profil Akun Anda

Lengkapi-Profil-Akun-Anda

Salah satu langkah utama yang harus Anda lakukan sebelum berkenalan dengan orang baru di Instagram adalah untuk melengkapi profil akun Instagram Anda. Saat berkenalan, tentunya orang lain juga ingin melihat sebenarnya Anda siapa dan orang yang bagaimana.

Orang-orang yang Anda ajak mutualan akan melihat dan memeriksa profil instagram Anda. Anda bisa membangun kesan pertama yang baik dengan memberikan sedikit gambaran tentang diri Anda di profil Instagam.

Salah satu caranya adalah untuk memasang foto profil dan juga memposting foto-foto kegiatan Anda yang ingin Anda bagikan dan orang lain ketahui. Foto-foto ini bisa berupa kegiatan sehari-hari Anda, hobi Anda, dan juga sebagainya.

Hal ini juga akan memudahkan orang lain untuk mengetahui apakah ada kesamaan minat antara Anda dengan diri mereka. Jika ada, tentunya akan lebih mudah bagi Anda dan mereka untuk dapat menjalin hubungan pertemanan yang baik.

Perlu ditekankan kembali, profil ini adalah hal yang paling penting dan harus Anda perhatikan ketika Anda berkenalan melalui media sosial.

Karena orang lain tidak bertemu dengan Anda secara langsung, maka satu-satunya gambaran tentang diri Anda akan mereka dapatkan melalui profil Anda.

2. Bangun Kesan Pertama yang Baik

Bangun-Kesan-Pertama-yang-Baik

Sama seperti berkenalan di dunia nyata, kesan pertama adalah hal yang paling menentukan apakah orang lain akan mau berteman dengan Anda atau tidak. Penting bagi Anda untuk membangun kesan pertama yang baik di hadapan mutualan baru Anda.

Kesan pertama ini akan memberikan gambaran yang jelas mengenai diri Anda. Apakah Anda adalah orang yang sopan, ramah, atau apakah Anda adalah seseorang yang jutek dan menyebalkan.

Buat versi diri Anda yang Anda ingin orang lain lihat. Jika Anda ingin membuat diri Anda terlihat ramah dan juga menyenangkan, maka Anda harus menjadi pribadi tersebut

Kesan pertama biasanya akan selalu diingat orang, terutama saat pertama kali berkenalan dengan orang baru. Oleh karena itu, jika Anda ingin proses berkenalan Anda lancar, bangunlah kesan pertama yang baik.

3. Cari Orang dengan Minat yang Sama

Cari-Orang-dengan-Minat-yang-Sama

Sering kali saat berkenalan, Anda mungkin akan merasa kebingungan ingin membicarakan apa. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menghindari hal ini adalah dengan mencari orang yang memiliki kesamaan minat dengan Anda.

Dengan adanya kesamaan minat, Anda tidak perlu lagi nih untuk susah-susah mencari topik obrolan. Anda bisa membicarakan dan berdiskusi mengenai hal yang sama-sama Anda dan teman baru Anda sukai.

Selain untuk menghindari kehabisan topik obrolan, mempunyai teman yang memiliki minat yang sama juga akan membuat hubungan pertemanan tersebut lebih baik dan bertahan lama.

Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana caranya mencari orang baru dengan minat yang sama tanpa bertemu secara langsung. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah untuk mencari orang yang memfollow akun yang Anda sukai.

Di Instagram tentunya Anda akan mengikuti akun-akun yang menarik minat Anda, entah itu berupa otomotif, game, seni, dan sebagainya. Anda bisa mengajak orang-orang yang mengikuti akun tersebut untuk mutualan dengan Anda.

Dengan begini, dipastikan mereka akan memiliki minat yang sama atau pun hobi yang sama dengan Anda.

4. Bersikap Sopan

Bersikap-Sopan

Dalam bermedia sosial, ada banyak etika yang harus Anda patuhi untuk menjalin hubungan yang baik dengan orang lain, terutama dengan mutualan Instagram Anda. Etika-etika ini mencakup hal-hal yang sudah umum seperti berkata yang sopan dan sebagainya.

Anda harus selalu menjunjung tinggi sikap sopan dan ramah kepada mutualan Anda. Meskipun mutualan Anda mungkin memiliki umur yang sama atau lebih muda, namu sikap sopan senantiasa diperlukan saat Anda berinteraksi.

Jika Anda menjunjung tinggi kesopanan, maka orang lain akan merasa nyaman saat berinteraksi dengan Anda. Hal ini akan membuat Anda memiliki lebih banyak teman dan juga mudah untuk mencari relasi baru, terutama di Instagram.

Dengan bersikap sopan, maka Anda juga akan dihormati oleh orang lain. Nantinya orang lain juga akan berusaha untuk bersikap sopan dan baik kepada Anda. Anda tentunya mau jika diperlakukan dengan baik oleh orang lain, bukan?

5. Berkenalan Lewat Teman Anda

Berkenalan-Lewat-Teman-Anda

Jika Anda merupakan seorang yang pemalu dan bingung bagaimana caranya memulai obrolan untuk pertama kali, Anda bisa berkenalan melalui teman Anda. Minta teman Anda untuk mengenalkan Anda dengan mutualan mereka.

Dengan adanya kehadiran teman Anda ini, mereka bisa menjadi pihak ketiga yang memulai obrolan dan mengenalkan Anda dengan orang baru.

Selain itu, jika orang yang dikenalkan kepada Anda adalah mutualan atau teman mereka, maka sudah terjamin orang tersebut bukan orang sembarangan dan kemungkinan untuk cocok dengan Anda lebih tinggi.

Lagipula, tentunya akan asik bukan, jika Anda dan teman Anda sama-sama memiliki teman lain yang bisa Anda tambah ke dalam lingkup teman terdekat Anda?

Manfaat Mutualan IG

Manfaat-Mutualan-IG

Mutualan dan berkenalan dengan orang baru di Instagram memiliki banyak sekali manfaat yang mungkin belum Anda ketahui. Berikut ini adalah beberapa manfaat mutualan di Instagram:

1. Menambah Wawasan Baru

Ketika Anda berkenalan dengan teman baru, tentunya ada banyak hal yang akan Anda pelajari dari orang baru tersebut. Pengetahuan yang Anda dapatkan juga bisa datang dengan beragam jenis.

Anda bisa menentukan sendiri lho, jenis pengetahuan apa yang ingin Anda dapatkan dari teman baru. Caranya adalah untuk mencari teman yang tepat dan sesuai dengan pengetahuan yang ingin Anda dapatkan.

Misalnya jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak pengetahuan tentang luar negeri atau juga belajar bahasa asing, Anda bisa berkenalan dengan orang luar negri. Ada banyak sekali orang luar negeri yang sedang mencari mutualan dan juga teman di Instagram.

2. Sebagai Teman Curhat

Salah satu alasan mengapa banyak orang ingin mencari teman baru di Instagram dan juga media sosial lainnya adalah untuk mencari teman curhat. Terkadang ada beberapa orang yang tidak merasa bebas untuk mencurahkan cerita mereka kepada teman-teman sekitar mereka.

Mungkin Anda merupakan salah satu diantara orang tersebut. Bercerita dengan teman yang dikenal melalui media sosial memang terkadang akan terasa lebih bebas karena mereka tidak benar-benar mengenal Anda secara langsung.

Dengan begini maka Anda tidak perlu takut jika cerita Anda diberitahukan ke orang lain atau cerita Anda disebarluaskan ke pihak yang tidak Anda percaya. Sekarang ini ada banyak sekali orang yang khusus berkenalan untuk mencari teman cerita saja.

Setelah mengetahui arti mutualan di IG dan apa saja manfaat mutualan, Anda tentunya akan semakin tertarik untuk mencari relasi baru, bukan? Tetap ingat untuk bersikap hati-hati saat berkenalan melalui media sosial.

Jangan berikan informasi personal yang dapat merugikan Anda atau orang sekitar Anda. Selain itu, penting bagi Anda untuk beretika baik kepada siapa pun yang Anda temui di media sosial.

 

Lihat Juga :