Arti Centang Biru di IG (Verified Account) + Cara Dapatnya

kanreg12bkn.id – Anda pasti sering melihat tanda centang biru di akun Instagram orang-orang terkenal. Lantas, pernahkah Anda bertanya-tanya, apa arti centang biru di IG? Bukan sekedar tanda biasa, centang biru ini memiliki makna yang spesial.

Instagram merupakan salah satu aplikasi media sosial yang paling populer di seluruh dunia. Bagaimana tidak, media sosial yang satu ini mampu menjadi platform terbaik untuk berbagi postingan, pesan, hingga informasi. Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan oleh semua kalangan dan gender.

Menurut laporan dari Data Reportal, pada tahun 2021 ini, sebanyak 51% pengguna Instagram berjenis kelamin perempuan dan 49% lainnya berjenis kelamin laki-laki. Dari sekian banyaknya pengguna Instagram, hanya orang-orang terpilih saja yang mampu mendapatkan centang biru.

Arti centang biru di IG sebenarnya adalah verified account atau akun terverifikasi. Seperti namanya, tanda ini diberikan kepada akun yang sudah terverifikasi keasliannya melalui berbagai proses yang dilakukan pihak Instagram.

Alasan Menggunakan Centang Biru

Alasan-Menggunakan-Centang-Biru

Instagram dapat digunakan siapa saja, termasuk para artis dan public figure. Banyaknya jumlah fans dan haters yang dimiliki para public figure berpotensi untuk melahirkan akun palsu.

Agar akun Anda tidak dipalsukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, Anda bisa mengajukan centang biru kepada pihak Instagram. Selain itu, tanda centang biru ini juga menandakan bahwa akun yang Anda lihat adalah asli.

Bila Anda menemui akun yang menyerupai idola Anda, tapi tidak ada centang birunya, Anda bisa melaporkannya kepada pihak Instagram.

Pemalsuan akun dapat dijatuhi hukuman, mulai dari denda hingga pidana. Apalagi, jika Anda memalsukan akun untuk menyebarkan SARA, berita hoax, dan hal-hal negatif lainnya.

Manfaat Mendapatkan Centang Biru

Manfaat-Mendapatkan-Centang-Biru

Kehadiran fitur centang biru membuat para pengguna lebih mudah mengenali mana yang akun asli dan mana yang hanya sekadar tiruan. Centang biru ini mampu menjadi bukti kuat bahwa akun tersebut tidak sedang dijalankan oleh pihak lain yang tidak bersangkutan.

Selain keuntungan itu, ada pula beberapa keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan:

1. Memudahkan pengguna Instagram untuk mengidentifikasi keaslian dari suatu akun ternama, baik itu tokoh publik maupun bisnis online
2. Meminimalisir resiko penipuan yang dilakukan secara online dan mengatasnamakan produk perusahaan tertentu
3. Memberikan penawaran menarik kepada pengguna Instagram terkait harga produk tertentu
4. Menghindari pemalsuan identitas maupun produk brand tertentu
5. Meningkatkan kepercayaan pengguna IG terhadap akun seseorang atau suatu perusahaan

Syarat Mendapatkan Centang Biru

Syarat-Mendapatkan-Centang-Biru

Setelah mengetahui apa arti centang biru di IG, Anda perlu mengetahui syarat-syaratnya. Pasalnya, mendapatkan centang biru di Instagram memang bukan hal mudah yang bisa dilakukan oleh semua orang. Maka dari itu, pastikan Anda sudah memenuhi syarat ini agar permintaan centang biru berhasil diverifikasi:

  • Autentik, pastikan akun IG Anda mewakili brand atau personal. Jadi, jangan sampai Anda mengajukan centang biru jika akun Anda hanyalah meme page atau fans account.
  • Unik, setiap bisnis atau personal hanya dapat memiliki tanda ini per satu akun.
  • Publik, pastikan akun Instagram Anda dibuka untuk umum atau tidak di-private.
  • Komplit, Instagram Anda harus memiliki bio, menggunakan foto profil, dan ada postingan minimal satu.
  • Terkenal, syarat yang paling utama adalah terkenal atau orang penting. Sebenarnya, syarat ini agak subjektif karena terkenal yang dimaksud bisa jadi sering dicari atau sangat populer

Cara Mendapatkan Centang Biru

Mengenal-Centang-Biru-di-IG

Bila Anda sudah memenuhi semua persyaratan dengan baik, kini Anda dapat langsung mengajukan centang biru kepada pihak Instagram. Caranya juga tidak sulit dan tidak memakan banyak waktu. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, kunjungi profil Anda
  • Ketuk Menu yang berada di sudut kanan atas
  • Pilih ikon Pengaturan yang berbentuk seperti roda gigi
  • Pilih Akun, lalu klik Minta Verifikasi di sebelah bagian wajah
  • Kemudian, isi data diri Anda berupa nama lengkap, nama panggilan, dan kategori
  • Unggah foto KTP
  • Klik Kirim dan tunggu beberapa hari hingga pihak Instagram selesai melakukan peninjauan

Perlu diingat, pihak Instagram tidak sembarangan dalam menerima request centang biru. Agar tidak ditolak, Anda harus memenuhi seluruh persyaratan dengan baik. Selain itu, pastikan Anda sudah melampirkan KTP di tempat yang benar.

Siapa yang Berhak Mendapatkan Centang Biru?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tidak semua orang bisa memiliki centang biru di nama Instagramnya. Lantas, siapa yang berhak mendapatkan lencana spesial berwarna biru tersebut?

Berdasarkan arti centang biru di IG yang sudah dibahas sebelumnya, maka orang-orang yang dapat memilikinya adalah:

1. Artis

Artis

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, orang yang berhak mendapat tanda centang biru adalah para orang terkenal. Salah satu profesi yang memungkinkan Anda untuk menjadi terkenal adalah artis atau selebriti.

Dengan pekerjaan Anda sebagai artis, Anda pasti akan memiliki banyak penggemar. Semakin banyak penggemar, semakin tinggi pula resiko akun Anda akan dipalsukan.

Instagram perlu melakukan verifikasi terhadap akun Anda agar tidak ada pihak yang dirugikan, baik artis maupun pengikut Instagram. Pemalsuan akun sang artis seringkali dimanfaatkan untuk mendapat keuntungan pribadi, seperti provokasi, finansial, dan lain sebagainya.

2. Atlet

Atlet

Tidak hanya seorang artis ternama, ternyata para atlet juga berhak mendapat lencana biru di profil Instagram mereka. Atlet merupakan seseorang yang mahir dalam bidang olahraga tertentu.

Seiring berjalannya waktu, profesi ini begitu banyak diminati dan melahirkan bintang-bintang besar. Dari mancanegara, ada atlet sepak bola ternama, Cristiano Ronaldo yang memiliki followers hingga 302 juta orang.

Lain lagi, ada pula atlet badminton, Tai Tzu Ying yang memiliki pengikut Instagram sebanyak 446 ribu orang. Dari dalam negeri, ada pebulutangkis tampan, Jonatan Christie dengan jumlah pengikut 117 ribu.

3. Seniman

Seniman

Sesuai syarat dan arti centang biru di IG, suatu akun IG harus autentik dan unik. Dengan kata lain, akun tersebut harus melahirkan karya orisinil yang disukai banyak orang. Salah satu profesi yang dapat menyanggupi syarat tersebut adalah seniman.

Tugas dari seorang seniman memang menciptakan karya, baik dalam bentuk teks, foto, video, gambar, maupun karya 3D. Tentu saja karya tersebut harus berasal dari pikiran atau idenya sendiri.

Selain itu, seorang seniman juga mampu menarik banyak pengikut karena akun Instagramnya selalu menyuguhkan karya-karya yang fresh.

4. Brand Produk Ternama

Brand-Produk-Ternama

Sebenarnya, semua produk jualan sangat rentan dipalsukan di sosial media. Akan tetapi, stigma masyarakat yang terbentuk adalah ‘produk mahal sering dipalsukan’. Maka dari itu, Instagram mengantisipasinya dengan memberikan centang biru.

Sebagian besar brand ternama menjual produknya dengan harga yang fantastis. Mengingat hal itu, penipuan akan sangat merugikan suatu pihak. Agar hal tersebut tidak terjadi, Anda harus memperhatikan tanda centang biru yang ada di akun Instagram suatu brand.

Beberapa brand ternama yang sudah mengantongi centang biru adalah @chanelofficial, @ralphlauren, @zara, @gucci, dan lain sebagainya. Sementara itu, Indonesia juga memiliki brand ternama, seperti @wardahbeauty, @hushpuppiesid, @vans.indo, @scarlett_whitening, dan lain-lain.

5. Tokoh Masyarakat

Tokoh-Masyarakat

Selain seniman, artis, merk produk terkenal, atau atlet, tokoh masyarakat juga berhak mendapatkan tanda centang biru di Instagram. Dalam hal ini, tokoh masyarakat yang bisa mendapatkannya adalah menteri, wali kota, politikus, gubernur, hingga presiden dan wakilnya.

Sebagai tokoh masyarakat, seseorang pasti memiliki banyak pengikut. Selain itu, tokoh masyarakat juga kerap bergerak dalam bidang sosial, seperti pengumpulan dana, penyebaran informasi, dan lain sebagainya.

Maka dari itu, sangat rentan untuk dipalsukan. Bila akun mereka dipalsukan, dampaknya akan sangat besar, bahkan bisa mempengaruhi satu Nusantara. Untuk mencegah hal tersebut, diperlukan tanda centang biru.

6. Akun dengan Followers yang Meningkat Drastis

Akun-dengan-Followers-yang-Meningkat-Drastis

Menjadi seorang artis memang bukanlah hal yang mudah. Bila terlalu sulit, Anda bisa mencoba cara lain agar dapat memiliki centang biru. Untuk menjadi verified account, Anda perlu memastikan akun Anda memiliki jumlah followers yang melonjak drastis.

Selain itu, jumlah like juga diperhitungkan dalam hal ini. Pihak Instagram akan mempertimbangkan akun IG yang mendapatkan banyak followers dan like setiap harinya.

Tujuan dari hal ini juga sama seperti yang lain, yakni menghindari pemalsuan akun. Bila suatu akun memiliki jumlah pengikut yang banyak, maka secara otomatis akun tersebut akan menjadi sorotan banyak orang. Dengan begitu, kemungkinan untuk mempengaruhi orang juga lebih besar.

7. Selebgram

Selebgram

Selebgram merupakan singkatan dari selebriti Instagram. Dari namanya saja, Anda pasti sudah tahu bahwa orang-orang ini bak artis di dunia Instagram.

Seorang selebgram bertugas untuk menyajikan konten, menginspirasi, mengedukasi, dan mempengaruhi pengikutnya untuk melakukan suatu hal. Tentu saja semua kegiatan ini dilakukan demi tujuan yang positif.

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak selebgram yang ada di Instagram. Maraknya kemunculan selebgram juga memicu oknum-oknum bodong untuk memalsukan akun.

Akun palsu dari selebgram ini seringkali dimanfaatkan demi keuntungan pribadi, menyebarkan kebencian, hingga memecah belah suatu golongan atau agama tertentu.

8. Akun Hits

Akun-Hits

Apa yang terbesit di benak Anda saat mendengar kata akun hits? Apakah akun selebriti ternama atau selebgram? Jika iya, maka pendapat Anda kurang tepat.

Akun hits tidak selalu dimiliki oleh artis papan atas atau selebgram terkenal. Dalam hal ini, akun hits yang dimaksud adalah akun yang menjadi perbincangan publik dan diikuti banyak pengguna Instagram.

Pihak Instagram sepertinya paham betul bahwa akun hits sangat berpotensi untuk dipalsukan. Contoh akun hits yang sudah memiliki centang biru adalah @9gag, @dagelan, dan lain sebagainya.

Tips Mendapatkan Centang Biru

Tips-Mendapatkan-Centang-Biru

Dapat Anda lihat di atas, kebanyakan orang yang mendapatkan centang biru adalah mereka yang memiliki jumlah followers berlimpah. Berdasarkan arti centang biru di IG, seseorang baru bisa mendapatkan tanda tersebut jika akunnya memenuhi persyaratan.

Agar persyaratan itu dapat dicapai sesegera mungkin, berikut tips yang bisa Anda terapkan:

1. Sering Mengunggah Postingan

Aplikasi Instagram memang diperuntukkan untuk membagikan momen kebahagiaan, entah itu dalam bentuk postingan maupun cerita Instagram. Salah satu syarat mendapatkan centang biru adalah terkenal di Instagram.

Agar Instagram Anda lebih dikenal orang, unggahlah postingan minimal satu kali sehari. Postingan yang diunggah bisa berupa foto atau video.

Sebagai pengguna Instagram yang bijak, sebaiknya Anda mengunggah postingan yang edukatif, bermanfaat, sekaligus menghibur. Selain itu, pastikan postingan yang Anda unggah menarik agar disukai banyak orang.

2. Sertakan Hashtag

Ketika mengunggah postingan, sertakan hashtag yang sedang trend dan sesuai dengan konten yang Anda upload. Sebagian besar pengguna Instagram mencari sesuatu dari hashtag pada search engine.

Tentu saja hal ini berpotensi untuk meningkatkan jumlah pengikut maupun penyuka postingan Anda. Selain itu, hashtag juga berguna untuk memperluas jangkauan akun Anda.

3. Jangan Private Akun

Instagram menyediakan fitur private bagi Anda yang ingin akunnya terbuka untuk orang-orang terdekat saja. Ketika Anda ingin mendapatkan centang biru, Anda harus berambisi untuk menambah followers dan menarik perhatian publik.

Dengan mengunci akun Instagram, secara tidak langsung Anda tidak ingin orang-orang melihat postingan. Apalagi, followers baru harus menunggu agar mendapat persetujuan dari Anda.

Maka dari itu, sebaiknya biarkan akun Instagram Anda terbuka bebas untuk umum. Hal ini diyakini mampu meningkatkan jumlah pengikut dan like secara drastis. Selain itu, konten Anda juga berpotensi untuk muncul di explore.

4. Menulis Caption Menarik

Tips terakhir adalah menulis caption yang menarik pada setiap postingan yang Anda unggah. Sama seperti hashtag, caption juga akan membuat postingan lebih hidup dan menjadi kunci untuk menarik perhatian publik.

Sebaiknya, buat caption yang membuat orang lain penasaran akan akun Anda secara keseluruhan. Anda bisa membuat caption berupa pertanyaan untuk mengundang orang-orang mengisi kolom komentar Anda.

Setelah mengetahui arti centang biru di IG lebih lanjut, apakah Anda tertarik untuk mendapatkannya? Jika iya, Anda harus konsisten dan menyajikan konten menarik. Dengan begitu, nama Anda akan dikenal dan memikat perhatian publik.

 

Lihat Juga :