Download Alight Motion Pro Apk Terbaru Tanpa Watermark 2021

kanreg12bkn.id – Hadirnya beragam tipe dan merk smartphone yang dilengkapi dengan kualitas kamera yang hampir setara DSLR telah membuat banyak orang biasa berubah menjadi fotografer dadakan. Hal yang sama juga menjadi alasan lahirnya banyak aplikasi edit foto dan video yang salah satunya adalah Alight Motion Pro.

Salah satu aplikasi edit video paling populer untuk proses pengeditan via smartphone ini tak hanya bisa digunakan oleh para pengguna Android tapi juga iOS. Jika Anda baru pertama kali mendengar nama aplikasi ini, berikut rinciannya.

Tentang Alight Motion dan Alight Motion Pro

Tentang-Alight-Motion-dan-Alight-Motion-Pro

Sekilas, kedua nama aplikasi ini memang tampak sama ya? Hanya berbeda di satu kata terakhir yaitu “pro”. Lantas, apakah keduanya sama dan hanya berbeda penyebutan saja, atau memang keduanya adalah aplikasi yang berbeda tapi kebetulan memiliki nama yang sama?

Jawabannya adalah keduanya merupakan aplikasi yang sama tapi berbeda di bagian isi dan harganya. Selain populer dengan nama Alight Motion Pro, aplikasi ini juga biasa disebut dengan Alight Motion MOD, Alight Motion APK, atau Alight Motion APK MOD. Detail perbedaan dari kedua aplikasi ini adalah berikut:

Pihak Pengembang

Alight Motion MOD ini adalah aplikasi hasil modifikasi dari versi aplikasi asli dan resmi bernama Alight Motion yang sudah ada di Google Play dan App Store sejak tahun 2018.

Aplikasi resmi ini adalah hasil kerja keras dari developer bernama Alight Creative, Inc. yang beralamat di Seoul, Korea Selatan. Aplikasi berperingkat tinggi di beberapa negara, dan juga merupakan salah satu aplikasi paling populer di Google Play dengan lebih dari 10 juta pemasangan.

Sementara versi modifikasi tadi merupakan hasil keringat dari pihak ketiga (bisa seseorang atau sebuah kelompok) yang tidak diketahui namanya dan tidak meminta izin kepada pihak pengembang resmi yaitu Alight Creative.

Keamanan

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa aplikasi versi MOD tadi sebenarnya adalah ilegal (tidak resmi). Karena ilegal, sudah jelas bahwa aplikasi MOD ini sebenarnya telah melanggar hukum, dan keamanannya juga tidak ada yang menjamin.

Jika ada pengguan yang mengalami masalah karena aplikasi MOD tadi, misal data-data pribadi disalahgunakan, file video yang diedit dengan aplikasi tadi dipost oleh pihak lain, atau aplikasi yang di download rupanya mengandung virus / malware, maka resiko harus ditanggung oleh pengguna sendiri.

Pengguna tidak bisa meminta ganti rugi kepada pihak pengembang, baik pengembang pihak ketiga apalagi pihak pengembang resmi jika terjadi hal seperti di atas.

Fitur dan Harga

Meskipun memiliki sejumlah resiko, namun kenyataanya Alight Motion versi MOD tetap banyak yang menggunakan dan bahkan jumlah download terus bertambah setiap hari. Loh, kenapa? Padahal kan ada aplikasi resmi yang sudah pasti terjamin keamanannya.

Jawabannya termasuk sangat klasik yaitu karena orang-orang ingin menggunakan fitur-fitur yang premium tapi tidak ingin mengeluarkan uang sepeserpun alias ingin yang gratisan.

Sebenarnya, Alight Motion resmi juga tersedia yang versi free lho, tapi isi fiturnya tidak banyak (sangat terbatas), kadang muncul iklan, dan akan muncul watermark di setiap video yang Anda edit, sehingga tampilannya jadi kurang profesional.

Satu-satunya cara agar bisa menghilangkan watermark, iklan, dan bisa bebas menggunakan seluruh fitur serta tools di dalam aplikasi adalah dengan upgrade ke akun premium dengan membayar sekitar Rp 72.000 setiap bulan, atau berlangganan tahunan dengan biaya sekitar Rp 418.000.

Jika hanya ingin menggunakan fitur premium tertentu, Anda juga memiliki opsi untuk melakukan pembelian di dalam aplikasi, yang harganya berkisar dari Rp 29.000 – Rp 516.000 per item untuk penggunaan selama sekitar 30 hari.

Sedangkan untuk penghapusan watermark saja (tanpa perlu upgrade ke akun premium), Anda bisa lakukan pembelian seharga Rp 28.000 tapi hanya untuk 1 kali penghapusan watermark. Tersedia juga opsi penghapusan langsung 3 kali dengan harga Rp 57.500.

Fitur-Fitur pada Alight Motion Pro

Meskipun cukup berbeda dalam beberapa hal, tapi kedua versi Alight Motion di atas sama-sama sangat cocok untuk Anda yang hobi atau suka membuat video lewat smartphone dan mengeditnya di perangkat yang sama. Hal ini karena Alight Motion sudah dilengkapi dengan sejumlah fitur keren seperti berikut ini:

1. Keyframe Animation

Keyframe-Animation

Sebagai editor video, bermain dengan keyframe sangat penting untuk menghasilkan video yang lebih baik, karena fitur ini bisa memberikan sentuhan yang sangat ajaib untuk sinematografi bahkan sentuhan sangat kecil sekalipun.

Keyframe animation sendiri menjadi salah satu fitur unggulan dari Alight Motion, yang bisa Anda gunakan untuk membuat objek animasi dengan mudah serta intuitif dengan mengeditnya “frame by frame”.

Fitur ini bisa membuat adegan biasa menjadi sangat indah, dan objek statis akan lebih terlihat. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengatur pergerakan orbit, tampilan objek, menggabungkannya ke keyframe atau timeline, dan mengubah ukuran, arah, atau bentuk suatu objek dalam video.

Tak hanya itu, Anda juga bisa menambahkan elemen baru atau khusus di satu frame pada satu waktu. Dengan kata lain, Anda bisa melakukan pengeditan dengan sangat detail.

Elemen yang bisa ditambahkan tadi juga sudah sudah tersedia di dalam Alight Motion itu sendiri, dan tentu saja gratis untuk digunakan jika Anda menggunakan versi premium atau yang MOD.

2. Visual Effects

Visual-Effects

Visual FX atau VFX adalah singkatan umum untuk istilah VFX di kalangan editor video dan film atau dalam dunia videografi secara keseluruhan.

VFX sendiri adalah efek yang digunakan para editor profesional untuk menciptakan tampilan yang terlihat hampir ajaib dengan tujuan untuk menambahkan rasa realisme ke dalam sebuah video atau film yang awalnya biasa saja.

Jadi, VFX ini merupakan efek / tampilan yang tidak dapat ditambahkan saat pengambilan gambar live-action, sehingga harus diedit setelah pengambilan gambar utama / pasca produksi selesai dibuat.

Sebagai contoh, dalam sebuah film ada gambar makhluk luar angkasa yang datang ke Bumi dengan pesawatnya, lalu menyerang beberapa makhluk Bumi yang mereka temui, atau dalam adegan sebuah film beberapa tokoh sedang berada di lokasi khayalan yang dalam kehidupan nyata tidak pernah ada.

Bisa juga untuk membuat tokoh tampak melakukan hal mustahil seperti tebang, terpental sangat jauh saat berkelahi, dalam sekejap bisa berpindah tempat, dan sebagainya. Jadi kegunaan utama VFX adalah menambahkan aspek yang mengesankan seperti di Star Wars, Pirates of the Caribbean, The Matrix, dll.

3. Blend Modes

Blend-Modes

Fitur yang satu ini akan sangat mempermudah tugas Anda dalam menggabungkan dua klip video atau lebih ke dalam frame yang sama. Jadi Anda bisa menambahkan beberapa layer video untuk menghasilkan satu klip video baru yang menarik atau unik bahkan dengan opacity yang dapat Anda atur sendiri.

Anda juga bisa sesuaikan bayangan, warna, dan komposisi lain agar hasil akhir video tampak lebih halus dan nyata. Blend Modes juga memiliki beberapa mode lanjutan lho, yang terdiri dari Dissolve Mode, Normal Mode, Multiply Mode, Screen Mode, Soft Light, Overlay Mode, Hard Light, Mix It, Darken, dan Lighten.

4. Vector Graphic

Vector-Graphic

Fitur keren yang satu ini sudah biasa digunakan oleh para desainer grafis untuk membuat grafik yang perlu diskalakan, misalnya untuk membuat logo agar saat di zoom atau dicetak, logo tersebut tidak pecah.

Saat logo diskalakan ke ukuran yang lebih besar, logo tersebut juga tidak akan kehilangan kualitasnya. Intinya, fitur ini bisa membuat gambar memiliki resolusi tidak terbatas, yang juga dapat membuat gambar tampak lebih realistis dan detail.

Anda juga bisa menggunakan fitur ini untuk menganimasikan suatu objek dengan mengubah warnanya, menambahkan guratan, memindahkan / membuang bagian tertentu, dan sebagainya.

Karena sejumlah keunggulan di atas, fitur ini tak hanya bagus untuk membuat rendering dan seni garis, tapi juga sangat cocok untuk menciptakan video animasi dan juga 3D.

5. Font

Font

Jika menggunakan Alight Motion Pro, Anda berkesempatan untuk menggunakan ratusan font keren yang dapat Anda tampilkan dengan klik View All Fonts. Font yang sudah Anda pilih selanjutnya dapat Anda atur sendiri posisinya, opacity, warna, dan ukurannya.

Jika ada font yang sangat Anda ingin masukkan ke video tapi ternyata Alight Motion tidak memilikinya misal, maka Anda juga bisa tambahkan sendiri dengan klik ikon +. Font tambahan ini bisa Anda dapat dengan lebih dulu mendownloadnya dari situs pihak ketiga penyedia font.

Sebenarnya masih ada banyak fitur keren dalam Alight Motion namun 5 yang paling populer dan canggih adalah daftar di atas. Fitur selengkapnya bisa Anda cek sendiri setelah mendownload aplikasinya.

Jangan khawatir tidak bisa menggunakan fitur-fitur dalam Alight Motion karena aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan teks tutorial yang akan muncul otomatis saat pertama kali Anda membuka aplikasinya. Jika tidak muncul, Anda bisa klik tombol dengan tulisan Projects.

Setelah selesai mengedit, selanjutnya Anda bisa simpan video tersebut langsung ke smartphone Anda dalam berbagai format seperti MP4, MPG, GIF, MKV, FLV, WMV, dan sebagainya.

Kelebihan dan Kekurangan Versi MOD

Kelebihan-dan-Kekurangan-Versi-MOD

Berdasarkan penjelasan pada bagian perbedaan Alight Motion versi resmi dan MOD di atas tadi, dapat disimpulkan bahwa kelebihan utama versi MOD adalah sebagai berikut:

  • Semua fitur dalam Alight Motion MOD sudah tidak terkunci, sehingga siapa saja bisa menggunakannya dengan bebas, baik dari smartphone berbasis Android maupun iOS.
  • Jika menggunakan Alight Motion versi MOD, Anda tidak akan terganggu dengan iklan sama sekali, mulai dari proses pengeditan awal hingga akhir, sehingga proses editing juga bisa maksimal dan mood Anda juga tetap baik karena tidak kesal karena iklan yang bermunculan.

Iklan-iklan ini pun memang sudah otomatis tidak ada, jadi tidak perlu dihilangkan dengan membayar atau berlangganan apa pun.

  • Kelebihan lainnya adalah setiap video yang Anda edit tidak akan menampilkan watermark, dan tidak ada batasannya. Jadi jika Anda mengedit hingga 100 video sekalipun, 100 video tersebut tetap akan tanpa watermark.
  • Keuntuntungan terakhir yang bisa Anda dapat jika memilih versi MOD adalah semua video yang Anda edit akan tampak lebih rapi, bersih, dan terlihat profesional karena semuanya benar-benar tanpa watermark.

Video Anda juga tidak akan tampak murahan karena kebanyakan orang sudah tahu bahwa video-video yang menampilkan watermark biasanya diedit dengan aplikasi gratis.

Meskipun versi MOD memang lebih nyaman untuk digunakan karena Anda tidak perlu berlangganan apapun dan bisa akses fitur premium seumur hidup, tapi Anda juga memiliki resiko untuk tidak bisa menggunakan aplikasi ini kapan saja. Karena tidak resmi tadi, maka aplikasi ini bisa di banned kapan saja.

Selain itu, perangkat Anda juga beresiko untuk terkena virus atau malware jika Anda salah memilih sumber download. Hal ini karena situs-situs yang menyediakan aplikasi versi MOD (tidak hanya Alight Motion tapi juga aplikasi lain jenis apapun) kebanyakan adalah situs yang tidak resmi.

Jadi sekali lagi, tidak ada yang bisa menjamin bahwa situs-situs tersebut aman. Karena itu, Anda harus sangat selektif saat memilih situs sebagai sumber download Alight Motion versi MOD.

Link Download

Link-Download

Jika setelah membaca penjelasan di atas membuat Anda tertarik untuk menggunakan Alight Motion Pro tapi masih ragu atau bingung untuk memilih sumber download, mungkin karena khawatir situs mengandung virus/malware yang bisa membuat error perangkat, Anda bisa download dari salah satu situs di bawah ini:

Download Disini

Sedangkan untuk Anda yang lebih memilih menggunakan Alight Motion versi resmi, mungkin karena ingin yang pasti aman dan legal, maka Anda bisa langsung klik di sini untuk membawa Anda ke halaman download di Google Play, dan klik di sini untuk mendownload dari App Store jika Anda menggunakan iOS.

Cara Install

Cara-Install

Jika memilih untuk menggunakan versi modifikasi, maka ada sedikit perbedaan cara untuk menginstalnya ke perangkat Anda. Tidak seperti mendownload dari Google Play atau App Store yang bisa membuat aplikasi terinstall otomatis, menginstall aplikasi dari sumber pihak ketiga harus dengan cara berikut:

  • Jika Anda sudah menemukan sumber download yang tepat, jangan langsung klik tombol download dulu. Sebelumnya Anda harus mengubah sedikit settingan di smartphone Anda dengan cara masuk ke menu Pengaturan / Settings, lalu pilih Security and Privacy / Keamanan dan Privasi.
  • Selanjutnya temukan tulisan Unknown source / Sumber Tidak Dikenal. Tepat di sisi kanan tulisan ini, Anda akan melihat tombol yang bisa digeser ke kanan dan kiri. Saat ini, tombol tersebut pasti dalam keadaan mati. Geserlah ke kanan agar aktif (berwarna hijau).
  • Jika tombol ini tidak diaktifkan, maka smartphone Anda tidak akan digunakan untuk mendownload aplikasi versi modifikasi yang Anda download dari situs pihak ketiga (selain Google Play dan App Store). Jika tombolnya sudah aktif, selanjutnya Anda bisa langsung membuka salah satu link download di atas.
  • Jika sudah di halaman situs, langsung saja dari tombol / tulisan Download, dan klik. Tapi, ada juga situs yang Anda tidak perlu klik download melainkan aplikasi akan langsung terdownload otomatis, jadi tergantung sumber downloadnya ya.
  • Nah, setelah selesai mendownload, sekarang bukalah menu Folder yang ada di smartphone Anda. Lalu buka sub folder Download dan carilah file yang namanya mengandung kata Alight Motion. Langsung klik file ini dan setelah muncul beberapa opsi, pilihlah
  • Tunggu beberapa detik sampai proses instalasi selesai dan Anda bisa langsung buka aplikasinya lalu gunakan untuk mengedit video.

 

Jika Anda termasuk salah satu orang yang suka merekam dan mengedit video dari smartphone dan membutuhkan aplikasi yang memiliki banyak fitur keren, bebas iklan, dan tanpa watermark tapi gratis, aplikasi Alight Motion Pro adalah satu opsi terbaik yang bisa Anda coba.

 

Lihat Juga :